Selain Vaksinasi, Lakukan Pencegahan Flu Babi Ini Sejak Dini

Tidak ada salahnya mencegah tertularnya suatu penyakit, justru hal ini sangat penting dan menguntungkan. Dengan upaya pencegahan, Anda bisa terhindar dari suatu penyakit. Di samping melakukan vaksinasi, ternyata ada upaya pencegahan flu babi lainnya. Berbagai tindakan pencegahan di bawah ini bisa dilakukan untuk melindungi tubuh dari penularan virus H1N1.

  • Menjaga Kebersihan

Cara yang paling ampuh dan mudah dalam menghindari penularan virus H1N1 adalah dengan menjaga kebersihan. Anda harus menjaga kebersihan badan dan lingkungan agar bisa terhindari dari sumber penyakit. Kondisi badan yang bersih juga akan menjaga sistem imun agar tetap normal dan stabil. Selalu bersihkan dan tata dengan rapi setiap barang di rumah serta tempat kerja.

  • Rajin Mencuci Tangan dengan Air dan Sabun
Related image

Pencegahan flu babi dapat dilakukan dengan rajin mencuci tangan dengan air dan sabun agar bakteri dan virus di tangan bisa mati dan hilang. Agar efektif, cucilah tangan di air mengalir agar semua kotoran, virus, dan bakteri bisa hilang sepenuhnya. Ingatlah selalu untuk mencuci tangan setelah beraktivitas, setiap kali akan makan, dan menjelang tidur.

  • Menggunakan Masker Saat Berada di Lingkungan Tidak Sehat

Pemakaian masker sebagai pelindung saat Anda berada di lingkungan tidak sehat juga menjadi upaya pencegahan yang efektif, misalnya saat berada di jalan raya, rumah sakit, tempat berdebu, dan sebagainya. Dengan memakai masker, Anda dapat terhindar dari berbagai bibit penyakit. Kekebalan tubuh juga akan tetap stabil tanpa harus melawan berbagai bibit penyakit. Dengan cara ini, penularan virus flu babi bisa dihindari.

  • Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat sangat berarti untuk tubuh karena mengandung berbagai nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai bibit penyakit juga bisa dilawan dengan tubuh yang sehat. Berbagai asupan protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral dapat tercukupi dengan baik. Untuk itu, konsumsilah makanan empat sehat lima sempurna agar tubuh menjadi sehat dan kuat. Dilansir dari id.wikihow.com, mengonsumsi makanan fitonutrien juga sangat penting untuk tubuh, seperti sayur dan buah.

  • Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Related image

Pemenuhan cairan tubuh juga menguatkan sistem imun karena mampu mencegah dehidrasi. Sistem metabolisme tubuh juga tetap lancar, sehingga berbagai gangguan kesehatan dapat dicegah. Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit, sehingga virus H1N1 bisa dihindari dan memang susah menyerang orang yang sehat.

  • Rutin Berolahraga dan Istirahat Cukup

Kondisi tubuh yang prima untuk mencegah penularan virus H1N1 juga dapat dibentuk dengan rutin berolahraga. Selain itu, penuhilah kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Tidurlah di waktu yang tepat dengan durasi yang cukup agar semua sistem di tubuh berjalan normal.

  • Jangan Bepergian Saat Sakit

Pencegahan flu babi berikutnya adalah tidak bepergian saat sakit. Kondisi badan yang tidak sehat harus digunakan untuk beristirahat. Lagipula, udara di luar memang tidak sehat dan tidak baik untuk Anda yang sedang sakit, bahkan bisa menyebabkan kondisi jadi drop. Jika terpaksa bepergian, gunakan pakaian berlengan panjang, syal, dan masker sebagai pelindung.

  • Menghindari Kontak Langsung dengan Penderita

Pencegahan flu babi juga efektif dengan menghindari kontak langsung dengan penderita flu babi atau penderita penyakit kronis lainnya. Tak hanya itu, Anda bisa menggunakan masker pelindung saat berada di sekitar orang yang sedang sakit agar tak tertular. Hal ini akan menjaga kesehatan tubuh tetap prima.

Berbagai upaya pencegahan flu babi tersebut harus dilakukan demi menghindari berbagai gejalanya yang kompleks. Aktivitas Anda juga akan tetap berjalan lancar jika terhindar dari virus H1N1 tersebut. Intinya, terapkan pola hidup sehat dan hindarilah berbagai sumber penyakit, termasuk lingkungan yang tidak sehat. Hindari juga kontak langsung dengan penderita flu babi atau orang yang sedang sakit. Gunakan masker sebagai pelindung.

Sumber artikel:

www.halodoc.com

id.wikihow.com

Sumber gambar:

www.blibli.com

homeopathyrecovery.com